Jumat, Juni 06, 2008

HARI-HARI TERAKHIR DI 34

DEAR DIARY :





























Ketika memasuki tahun baru 1 Januari 1984, itu berarti tinggal 4 bulan kami menempuh kegiatan sebagai murid SMA 34. Di buku harian tertulis “old year’s out, new year’s in, open the door and let me in, treat me well when I’m in. As sweet remembrance of the sweet, happy days we have had together ..” Kutipan kata-kata itu saya temui dari kartu ucapan Tahun Baru. Karena kata-katanya indah, langsung saja dicatat di buku harian..

Namun faktanya, saat itu meski tahun baru, tapi kenapa kog bukan tambah semangat tapi malah malas sekolah dan malas belajar.. Rasanya bosan harus belajar dan belajar, yang namanya PR banyaak sekali. Belum lagi ulangan dan ulangan yang tidak ada habis-habisnya.
Sabtu, 7 Januari 1984. Pagi-pagi, masih hujan, tambah malas masuk sekolah, kalau gak ada ulangan Bahasa Inggris, mending gak usah masuk. Malamnya harus belajar Kalkulus, dan PR nya juga banyak.. nyatanya baru 2 soal saja sudah gak bisa, mending Nonton Telerama saja.















Kamis, 26 Januari 1984.
Hari ini ulangan Fisika: Arus Listrik Searah dan Elektrolisa, terus jam kedua ulangan Bahasa Jerman. Belum lagi PR Matematika: Aljabar dan Geometri belum selesai dikerjakan. Mending besok datang ke sekolah pagi-pagi sekali untuk “nyalin” PRnya Eka, dia itu paling rajin bikin PR. Biarin aja pak guru tega banget sih.. musim ulangan tapi ngasih PR banyak-banyak.. kemampuan otak kan terbatas, masa hidup ini hanya untuk belajar, kapan mainnya? Kalau disuruh belajar terus kan jenuh..


Senin, 30 Januari 2004.
Ulangan Geometri : Lingkaran. Heran deh.. “lingkaran” aja kog pakai dipelajarin habis-habisan. Tapi, katanya kelas sebelah, III IPA 4 ulangan jam pertama, berarti dia lebih dahulu ulangan. Kalo gitu besok cari bocoran aja.. mending besok pagi-pagi nyamperin si ... untuk ngajak barter, Kalau besok lusa ulangan Bahasa Jerman kelas ku yang pertama, aku kasih bocoran soalnya ke kelas sebelah. Kan asyik.. bisa sempat ngebahas dulu soalnya sebelum ujian.. syukur-syukur sudah dapat jawabannya..

















Rabu, 1 Februari 1984.
Tes Senam. Sebenarnya paling stres kalau tes senam seri yang ke IV, karena sering gak hafal gerakannya.. tapi yang paling stres adalah persiapannya. Maklum pakai celana pendek.. mana betis agak besar dan berbulu lagi.. untung semalam sempat di cukur dulu, pinjam alat cukurnya bapak.. terus luluran dan pakai body lotion. Jadi mending deh.. biar betis agak gede asal mulus.. terus anak laki-lakinya kalau senam paling sebal ngelihat si .. habis gerakannya lemah gemulai.. masak anak laki kog gitu. Tapi si ... keren banget.. sepatunya Adidas keluaran terbaru ada tulisannya Camp Davis. Aduh sayang.. dia udah pacaran sama si anu..
Kalau lagi malas olah raga, pura-pura aja lagi “dapet”, terus bocor. Siap-siap bawa obat merah dari rumah.. terus ditumpahin sedikit di rok.. Kalau sudah gitu sama guru piket boleh pulang. Hi..hi.. asyik.


















Senin, 6 Februari 1984.
Ulangan Kimia, materinya diambil dari Buku Organik halaman 71-91 dan Buku Paket ditambah catatan. Semalam udah belajar habis-habisan.. tapi koq tetap aja ya gak bisa? Muridnya yang bodoh atau.. ah.. memang saya yang bodoh.. lah wong belajar aja gak bisa.. apa lagi gak belajar. Mendingan gak usah belajar aja sekalian. .


Jam terakhir, Pak Edi ngasih tes karya tulis tanya jawab, ujian lisan. Hasil dari kunjungan ke Yogya.. bikin karya tulis tentang Pengolahan Minyak Kelapa Sawit. (Bingung gak sih.. ke Yogya waktu kelas II antara lain ke UGM, Pabrik Susu Sari Husada dan ke Keraton Yogya.. tapi bikin Karya Tulisnya tentang Pengolahan Minyak Kelapa Sawit, bukannya Pengolahan Susu, lah apa hubungannya?)



















Kamis, 16 Februari 1984.
Ulangan Aljabar. Gurunya Pak Ngemal. Materinya Trigonometri, statistik, aturan sinus cos a dan himpunan.. Kalau materi ini paling jago deh.. Maksudnya jago “ngebet”. Kalau disuruh kedepan selalu siap dan selalu benar.. soalnya buku contekannya benar. Kan kakak juara kelas dan senang matematika, calculus dan aljabar. Bukunya rapi.. kebetulan buku pegangan Pak Ngemal sama persis.. jadi tinggal nyontek catatan kakak saja. Kalau Pak Ngemal tanya.. siapa yang mau maju? Terus spontan aja “saya pak !” he..he.. kesannya pintar.. padahal nyontek.




















Minggu, 19 Februari 1984.
“Pagi yang cerah, senyum di bibir merah. Dari balik jendela, sinar mentari lembut menyapa, Kita berdua yang tengah berpeluk mesra..” Eh.. ini lagunya Chrisye.. benar-benar romantis. Aduh si.. koq cuek banget. Kemarin dia kirim surat, isinya “Kamu tega banget sih.. masa kita baru boleh kawin kalau sudah jadi “orang”.. kapan jadi “orangnya”, kan masih lama.. ?"


(iya sih.., eh gak terasa sekarang udah pada jadi “orang” tapi kawinnya sama yang lain.. he..he..)



Hari-hari di sekolah meski sibuk belajar dan ulangan tapi tetap ceria dan kompak dengan teman-teman. Pernah waktu itu Pelajaran Elektronika, gurunya masih baru, masih muda. Rambutnya agak gondrong dan ikal. Mirip tokoh film waktu itu, Mighty Man. Makanya kita juluki dia Mr. Mighty Man. Sebenarnya lumayan keren, tapi ngajarnya gak terlau enak.. (maaf, murid-muridnya aja kali yang o’on) jadi rasanya susah sekali. Terus entah inisitaif dari mana, akhirnya kami sepakat untuk kabur bareng-bareng satu kelas. Kebetulan rumahnya Eka disamping sekolah.. Jalan Margasatwa no 9. Entah bagaimana persisnya akhirnya benar-benar kami sekelas kabur, jadi ketika Mr. Mighty Man masuk kelas.. eh kelasnya kosong.























Besoknya ketua kelas dan beberapa teman dipanggil kepala sekolah. Katanya siapa yang punya inisiatif ? terus dijawab “Spontanitas”. Jadilah, kami bikin kaos tulisannya “Spontanitas 3 Pasti 3”. Seru banget.

(sekarang udah “tua” gini baru mikir, kasihan ya guru elektronika itu.., dia kan guru baru.. gak lama setelah kita kabur, dia keluar. Jadi rasanya bersalah sekali.. kalau ada Mr Mighty Man.. rasanya ingin minta maaf.. tolong maafin kami ya pak..)

Ujian Pra EBTA, 5- 10 Maret 1984. Konsentrasi belajar. Tapi paling ngeri dan takut kalau ujian Praktek Biologi. Karena diundi apakah bedah marmut, kodok atau ikan.. ? benar-benar ngeri karena gak tega. Semalaman berdoa supaya gak dapat ujian bedah. Alhamdulillah akhirnya dapat undian meneliti sel-sel daun. Kalau gak salah Delta dapat undiannya bedah kodok deh.. hiii..

Senin, 2 April 1984.
Pagi ini upacara bendera untuk yang terakhir kalinya di laksanakan oleh murid-murid kelas III . Karena mulai besok, minggu tenang sampai tanggal 8 April. Terus hari Seninnya, 9 April 1984 ujian EBTA. Upacara dipimpin oleh kelas III IPS 4. Bu Nanies memberi nasehat agar kami belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh, agar cita-cita tercapai. “Oalah bu... dari dulu kami juga sudah belajar .. tapi lah kog.. mentok-mentok juga ya nilainya ? dan lagi cita-citanya dulu ingin segera kawin kog.. he..he.. iya deh, pesan ibu akan kami perhatikan”.

Senin, 28 April 1984.
Pengumuman lulus EBTA. Papan pengumumannya diletakkan di tengah lapangan basket. Lalu kami berkerumun mencari nama masing-masing. Bila namanya tercantum, berarti lulus.. ternyata kami semua lulus.. hore.. senang sekali, coret sana coret sini baju habis deh coretan warna warni bahkan juga di pilox, bukan saja baju.. tapi rambut juga di cat pilox.. weleh..weleh.. trus muter-muter naik mobil keliling kota.., mampir di depan Melawai. Trus ke AH beli American Hamburger.. rasanya udah kereen banget..



















Pesta perpisahan kami diadakan di Bandung, 17-19 April 1984.
Di villanya Eka, Desa Wanayasa, di kaki Gunung Burangrang. 3 hari 2 malam. Seruu ceritanya, ada api unggun segala (tapi kalau diceritakan disini jadi panjang banget)
Tibalah saat perpisahan.. entah bagaimana kami tercerai berai, sibuk mencari sekolah.. sibuk daftar.. , sibuk cari suami (he..he..) dan lain-lain... 24 tahun berlalu sudah, sampai-sampai kami lupa wajah dan nama..


“Oh dinda dimanakah kau berada? Rindu aku ingin jumpa.. “ Ini cuplikan lagu Katon. Tapi untuk saat (REUNI 31 Mei) ini boleh berlaku.. karena disini kita reuni. Melepas kangen dan kerinduan. Asal jangan CLBK.. he..he..
























Udah ya..
(Tulisan diambil dari cuplikan buku harianku yang masih tersimpan rapi. Sumpah!).


Jakarta, 31 Mei 2008 pk 02:00
----
Cheers, Tweedy











LIHAT TULISAN SERU LAINNYA, KLIK SAJA "POSTING LAMA" dibagian bawah kanan :





Tidak ada komentar: